Sablon Manual VS Digital

3 Des

Sejak awal yang namanya sablon adalah pencetakan desain ke media sablon dengan menggunakan screen dan tinta yang selama ini kita kenal. Semuanya dikerjakan secara manual, mulai dari desain,pembuatan film sablon, membuat afdruk sablon, pencetakan dengan tinta sablon dan seterusnya. Itulah sablon yang kita kenal selama ini.

Dengan hadirnya teknologi-teknologi canggih sekarang ini, lalu dibuatlah teknik pencetakan gambar ke kaos lebih mudah, praktis dan hasil yang detail. Dengan menggunakan tinta khusus (Sublim) dan printer yang baik ditambah sebuah kertas transfer yang dapat memindahkan tinta ke kaos, maka lahirlah generasi baru yang banyak orang sebut dengan Sablon digital. Sablon Digital ini dapat menghasilkan gambar yang sangat mirip dengan desain kita buat di komputer, bahkan foto sekalipun. Inilah salah satu kelebihan Sablon Digital selain pengerjaannya yang sangat singkat. Tetapi banyak dari para ahli sablon yang tidak mengakui jika teknik ini dibilang sebagai salah satu teknik sablon, mereka lebih rela menyebutnya dengan nama Digital Printing.

Kita bisa bandingkan teknik pengerjaannya yang sangat sederhana. Kalau di Sablon manual kita mesti melewati beberapa tahap proses seperti yang disebutkan di atas, jelas sangat menyita waktu. Ditambah lagi kalau kita ingin menyablon foto dengan teknik manual maka teknik separasi di sablon manual cukup sulit dan memakan lebih banyak biaya. Kalau di sablon digital, tinggal cari file fotonya di komputer, edit-edit dikit, print dikertas transfer paper, trus press dengan mesin Hot press. Selesai. Hanya memakan waktu tidak lebih dari 15 menit kaos siap digunakan.

Bicara Kualitas, bagusan mana?

Kalau kualitas sih sebenernya balik lagi ke si pemakai. Tapi secara menyeluruh Sablon Manual masih lebih diminati dibanding Sablon Digital karena kealamian dari hasil yang di dapat. Dan memang hasil dari sablon digital ini masih banyak keluhan karena kurang tahan lama dan sering pudar tintanya kalau telah di cuci beberapa kali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: